Senin, 13 April 2009

Banjir menggenangi ruas jalan di Jakarta


13/04/2009 23:46 - Banjir
Hujan Beberapa Jam, Jalan DI Panjaitan Terendam

Liputan6.com, Jakarta: Hujan kembali mengguyur Jakarta, Senin (13/4). Jalan DI Panjaitan dari arah Cawang, Jakarta Timur, menuju Tanjungpriok terendam hingga ketinggian setengah meter. Arus lalu lintas macet akibat kendaraan mogok. Sejumlah pengendara menyesalkan kinerja pemerintah yang lambat memperbaiki saluran pembuangan air.

Banjir juga melanda sejumlah wilayah di Sumatra Barat akibat meluapnya sungai setelah diguyur hujan selama tiga hari. Sekitar 260 rumah warga di empat kecamatan di Dharmasraya terendam hingga ketinggian tiga meter. Warga sempat panik ketika beredar isu bendungan jebol. Warga kini mengungsi di kantor kepala desa dan butuh bantuan makanan, tempat tidur, dan selimut.

Rumah di Kelurahan Kebun Beler, Penurunan, Lempuing, dan Tanjung Agung di Bengkulu, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Pantai Panjang setelah diguyur hujan dua hari. Meski demikian warga bertahan di rumah dan belum mengungsi.

Ratusan rumah di Kecamatan Gunungsahilan, Kampar, Riau, juga terendam banjir akibat meluapnya Sungai Kampar. Ketinggian permukaan sungai terus bertambah sejak beberapa hari terakhir, seiring dengan derasnya curah hujan yang mengguyur kawasan hulu sungai. Situasi itu memaksa warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Di Padang, Sumatra Barat, jembatan gantung satu-satunya penghubung antar desa putus dan sampai sekarang belum diperbaiki. Ratusan warga Desa Kepala Koto terisolir. Mereka harus menyeberangi sungai menggunakan perahu karet untuk beraktifitas. Jembatan itu dibangun Belanda hampir satu abad silam dan belum pernah direnovasi.(IKA/Aldian)