Apakah itu al-Quran.
· "Quran" menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan Dr. Subhi Al Salih bererti "bacaan", asal kata qara’a. Kata Al Qur’an itu berbentuk masdar dengan arti isim maf’ul yaitu maqru’ (dibaca).
· Di dalam Al Qur’an sendiri ada pemakaian kata "Qur’an" dalam arti demikian sebagal tersebut dalam ayat 17, 18 surah (75) Al Qiyaamah:
Artinya:
· ‘Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur’an (didalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggunggan kami. kerana itu jika kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikut bacaannya".
Kemudian dipakai kata "Qur’an" itu untuk Al Quran yang dikenal sekarang ini.
Adapun definisi Al Qur’an ialah: "Kalam Allah s.w.t. yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad dan yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah"
Dengan definisi ini, kalam Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad s.a.w. tidak dinamakan Al Qur’an seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s. atau Injil yang diturun kepada Nabi Isa a.s. Dengan demikian pula Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadis Qudsi, tidak pula dinamakan Al Qur’an.
Bagaimanakah al-Quran itu diwahyukan.
· Nabi Muhammad s.a.w. dalam hal menerima wahyu mengalami bermacam-macam cara dan keadaan. di antaranya:
1, Malaikat memasukkan wahyu itu ke dalam hatinya. Dalam hal ini Nabi s.a.w. tidak melihat sesuatu apapun, hanya beliau merasa bahwa itu sudah berada saja dalam kalbunya. Mengenai hal ini Nabi mengatakan: "Ruhul qudus mewahyukan ke dalam kalbuku", (lihat surah (42) Asy Syuura ayat (51).
2. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi berupa seorang laki-laki yang mengucapkan kata-kata kepadanya sehingga beliau mengetahui dan hafal benar akan kata-kata itu.
3. Wahyu datang kepadanya seperti gemerincingnya loceng. Cara inilah yang amat berat dirasakan oleh Nabi. Kadang-kadang pada keningnya berpancaran keringat, meskipun turunnya wahyu itu di musim dingin yang sangat. Kadang-kadang unta beliau terpaksa berhenti dan duduk karena merasa amat berat, bila wahyu itu turun ketika beliau sedang mengendarai unta. Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit: "Aku adalah penulis wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah. Aku lihat Rasulullah ketika turunnya wahyu itu seakan-akan diserang oleh demam yang keras dan keringatnya bercucuran seperti permata. Kemudian setelah selesai turunnya wahyu, barulah beliau kembali seperti biasa".
· 4. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi, tidak berupa seorang laki-laki seperti keadaan no. 2, tetapi benar-benar seperti rupanya yang asli. Hal ini tersebut dalam Al Qur’an surah (53) An Najm ayat 13 dan 14.
Artinya:
· Sesungguhnya Muhammad telah melihatnya pada kali yang lain (kedua). Ketika ia berada di Sidratulmuntaha.
Hikmah diturunkan al-Quran secara beransur-ansur
Al Qur’an diturunkan secara beransur-ansur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari atau 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. Hikmah Al Qur’an diturunkan secara beransur-ansur itu ialah:
1. Agar lebih mudah difahami dan dilaksanakan. Orang tidak akan melaksanakan suruhan, dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak. Hal ini disebutkan oleh Bukhari dan riwayat ‘Aisyah r.a.
2. Di antara ayat-ayat itu ada yang nasikh dan ada yang mansukh, sesuai dengan permasalahan pada waktu itu. Ini tidak dapat dilakukan sekiranya Al Qur’an diturunkan sekaligus. (ini menurut pendapat yang mengatakan adanya nasikh dan mansukh).
3. Turunnya sesuatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.
4. Memudahkan penghafalan. Orang-orang musyrik yang telah menayakan mengapa Al Qur’an tidak diturunkan sekaligus. sebagaimana tersebut dalam Al Qur’an ayat (25) Al Furqaan ayat 32, yaitu:
· mengapakah Al Qur’an tidak diturunkan kepadanya sekaligus
· Kemudian dijawab di dalam ayat itu sendiri:
· demikianlah, dengan (cara) begitu Kami hendak menetapkan hatimu
5. Di antara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan atau penolakan suatu pendapat atau perbuatan, sebagai dikatakan oleh lbnu ‘Abbas r.a. Hal ini tidak dapat terlaksana kalau Al Qur’an diturunkan sekaligus.
Ayat Makkiyah dan ayat Madaniyah
· Ditinjau dari segi masa turunnya, maka Al Qur’an itu dibahagi atas dua golongan:
1. Ayat-ayat yang diturunkan di Mekah atau sebelum Nabi Muhammad s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Makkiyyah.
2. Ayat-ayat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Madaniyyah.
Ayat-ayat Makkiyyah meliputi 19/30 dari isi Al Qur’an terdiri atas 86 surah, sedang ayat-ayat Madaniyyah meliputi 11/30 dari isi Al Qur’an terdiri atas 28 surah.
Perbezaan ayat-ayat Makiyyah dengan ayat-ayat Madaniyyah ialah:
1. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya pendek-pendek sedang ayat-ayat Madaniyyah panjang-panjang; surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al Qur’an ayat-ayatnya berjumlah 1,456, sedang ayat Makkiyyah yang merupakan 19/30 dari isi Al Qur’an jumlah ayat-ayatnya 4,780 ayat.
Juz 28 seluruhnya Madaniyyah kecuali ayat (60) Mumtahinah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedang juz 29 ialah Makkiyyah kecuali ayat (76) Addahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Surat Al Anfaal dan surat Asy Syu’araa masing-masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75, sedang yang kedua Makiyyah dengan ayatnya yang berjumlah 227.
2. Dalam ayat-ayat Madaniyyah terdapat perkataan "Ya ayyuhalladzi na aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan ‘Yaa ayyuhannaas’, sedang dalam ayat ayat Makiyyah adalah sebaliknya.
3. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah-kisah umat yang terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti; sedang Madaniyyah mengandung hukum-hukum, baik yang berhubungan dengan hukum adat atau hukum-hukum duniawi, seperti hukum kemasyarakatan, hukum ketata negaraan, hukum perang, hukum internasional, hukum antara agama dan lain-lain.
Nama-nama al-Quran
Allah memberi nama Kitab-Nya dengan Al Qur’an yang berarti "bacaan".
· Arti ini dapat kita lihat dalam surat (75) Al Qiyaamah; ayat 17 dan 18 sebagaimana tersebut di atas.
Nama ini dikuatkan oleh ayat-ayat yang terdapat dalam surat (17) Al lsraa’ ayat 88; surat (2) Al Baqarah ayat 85; surat (15) Al Hijr ayat 87; surat (20) Thaaha ayat 2; surat (27) An Naml ayat 6; surat (46) Ahqaaf ayat 29; surat (56) Al Waaqi’ah ayat 77; surat (59) Al Hasyr ayat 21 dan surat (76) Addahr ayat 23.
Menurut pengertian ayat-ayat di atas Al Qur’an itu dipakai sebagai nama bagi Kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w.
· Selain Al Qur’an, Allah juga memberi beberapa nama lain bagi Kitab-Nya, sepcrti:
1. Al Kitab atau Kitaabullah: merupakan synonim dari perkataan Al Qur’an, sebagaimana tersebut dalam surat (2) Al Baqarah ayat 2 yang artinya; "Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya…." Lihat pula surat (6) Al An’aam ayat 114.
· 2. Al Furqaan: "Al Furqaan" artinya: "Pembeda", ialah "yang membedakan yang benar dan yang batil", sebagai tersebut dalam surat (25) Al Furqaan ayat 1 yang artinya: "Maha Agung (Allah) yang telah menurunkan Al Furqaan, kepada hamba-Nya, agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam"
3. Adz-Dzikir. Artinya: "Peringatan". sebagaimana yang tersebut dalam surat (15) Al Hijr ayat 9 yang artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan "Adz-Dzikir dan sesungguhnya Kamilah penjaga-nya" (Lihat pula surat (16) An Nahl ayat 44. Dari nama yang tiga tersebut di atas, yang paling masyhur dan merupakan nama khas ialah "Al Qur’an". Selain dari nama-nama yang tiga itu dan lagi beberapa nama bagi Al Qur’an. lmam As Suyuthy dalam kitabnya Al Itqan, menyebutkan nama-nama Al Qur’an, diantaranya: Al Mubiin, Al Kariim, Al Kalam, An Nuur.
Surah-surah dalam al-Quran
Jumlah surat yang terdapat dalam Al Qur’an ada 114; nama-namanya dan batas-batas tiap-tiap surat, susunan ayat-ayatnya adalah menurut ketentuan yang ditetapkan dan diajarkan oleh Rasulullah sendiri (tauqifi).
Sebagian dari surat-surat Al Qur’an mempunyai satu nama dan sebagian yang lain mempunyai lebih dari satu nama, sebagaimana yang akan diterangkan dalam muqaddimah tiap-tiap surat.
· Surat-surat yang ada dalam Al Qur’an ditinjau dari segi panjang dan pendeknya terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1. ASSAB’UTHTHIWAAL, dimaksudkan, tujuh surat yang panjang Yaitu: Al Baqarah, Ali Imran, An Nisaa’, Al A’raaf, Al An’aam, Al Maa-idah dan Yunus.
2. Al MIUUN, dimaksudkan surat-surat yang berisi kira-kira seratus ayat lebih seperti: Hud, Yusuf, Mu’min dsb.
3. Al MATSAANI, dimaksudkan surat-surat yang berisi kurang sedikit dari seratus ayat seperti: Al Anfaal. Al Hijr dsb.
4. AL MUFASHSHAL, dimaksudkan surat-surat pendek. seperti: Adhdhuha, Al Ikhlas, AL Falaq, An Nas. dsb.
g. Huruf-huruf Hijaaiyyah yang ada pada permulaan surat.
· Di dalam Al Qur’an terdapat 29 surat yang dimulai dengan huruf-huruf hijaaiyyah yaitu pada surat-surat:
(1) Al Baqarah, (2) Ali Imran, (3) Al A’raaf. (4) Yunus, (5) Yusuf, (7) Ar Ra’ad, (8) lbrahim, (9) Al Hijr, (10) Maryam. (11) Thaaha. (12) Asy Syu’araa, (13) An Naml, (14) Al Qashash, (15) A1’Ankabuut, (16) Ar Ruum. (17) Lukman, (18) As Sajdah (19) Yasin, (20) Shaad, (21) Al Mu’min, (22) Fushshilat, (23) Asy Syuuraa. (24) Az Zukhruf (25) Ad Dukhaan, (26) Al Jaatsiyah, (27) Al Ahqaaf. (28) Qaaf dan (29) Al Qalam (Nuun).
Huruf-huruf hijaaiyyah yang terdapat pada permulaan tiap-tiap surat tersebut di atas, dinamakan ‘Fawaatihushshuwar’ artinya pembukaan surat-surat.
Banyak pendapat dikemukakan oleh para Ulama’ Tafsir tentang arti dan maksud huruf-huruf hijaaiyyah itu, selanjutnya lihat not 10, halaman 8 (Terjemah)
Senin, 26 April 2010
Minggu, 25 April 2010
Posts by : Admin
KUMPULAN PUISI
GARA-GARA INTERNET
Kemajuan peradaban
Kemajuan teknologi
Setiap orang ingin menikmatinya
Agar mendapatkan yang ia selalu cari
Tetapi jika tidak positif gunanya
Pasti dibuat dengan semaunya
Tanpa memikirkan akibatnya
Itu semua gara-gara internet
Jika setiap orang mulai mengetahui
Ibadah jangan hanya sebagai pakaian
Dan jadikan tubuhmu
Jagalah keimanan mu sebelum menyesal akhirnya
KISAH HIDUP ANAK SEDERHANA
Ku seorang manusia
Yang sulit untuk senang
Karena kesenangan hanya hayalan semu
Yang dapat habis hanya dengan tiupan angin
Kesenangan hanya seperti cahaya petir
Dapat hilang dengan menutup mata
Hidupku hanyalah seperti batu karang
Yang slalu di hempas oleh ombak
Oh hidup, apa yang sedang terjadi dengan ku?
Aku tlah hidup selama ini tanpa kesenangan
Aku ingin sekali hidup dengan keadaan bahagia
Dan dengan keadaan gembira
Tetapi mengapa
Apabila ada diriku selalu ada bencana
Tuhan berikan diriku seorang sahabat
Yang dapat diberikan curahan hatiku
Kemajuan peradaban
Kemajuan teknologi
Setiap orang ingin menikmatinya
Agar mendapatkan yang ia selalu cari
Tetapi jika tidak positif gunanya
Pasti dibuat dengan semaunya
Tanpa memikirkan akibatnya
Itu semua gara-gara internet
Jika setiap orang mulai mengetahui
Ibadah jangan hanya sebagai pakaian
Dan jadikan tubuhmu
Jagalah keimanan mu sebelum menyesal akhirnya
KISAH HIDUP ANAK SEDERHANA
Ku seorang manusia
Yang sulit untuk senang
Karena kesenangan hanya hayalan semu
Yang dapat habis hanya dengan tiupan angin
Kesenangan hanya seperti cahaya petir
Dapat hilang dengan menutup mata
Hidupku hanyalah seperti batu karang
Yang slalu di hempas oleh ombak
Oh hidup, apa yang sedang terjadi dengan ku?
Aku tlah hidup selama ini tanpa kesenangan
Aku ingin sekali hidup dengan keadaan bahagia
Dan dengan keadaan gembira
Tetapi mengapa
Apabila ada diriku selalu ada bencana
Tuhan berikan diriku seorang sahabat
Yang dapat diberikan curahan hatiku
Posts by : Admin
ALAT OPTIK
Cermin dan lensa serta prinsip kerjanya memberikan sarana pemahaman bagi pemanfaatannya untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip optik (cermin dan lensa) digolongkan sebagai alat optik.
Mata
Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.
Bagian-bagian mata
Bagian-bagian mata
Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.
Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Karena bayangan benda harus selalu difokuskan tepat di retina, lensa mata selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata.
daya akomodasi mata
daya akomodasi mata
Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina.
Titik terdekat yang mampu dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik dekat mata (punctum proximum/PP). Pada saat melihat benda yang berada di titik dekatnya, mata dikatakan berakomodasi maksimum. Titik dekat mata disebut juga dengan jarak baca normal karena jarak yang lebih dekat dari jarak ini tidak nyaman digunakan untuk membaca dan mata akan terasa lelah. Jarak baca normal atau titik dekat mata adalah sekitar 25 cm.
Adapun, titik terjauh yang dapat dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik jauh mata (punctum remotum/PR). Pada saat melihat benda yang berada di titik jauhnya, mata berada dalam kondisi tidak berakomodasi. Jarak titik jauh mata normal adalah di titik tak hingga (~).
Rabun Jauh dan Cara Memperbaikinya
Orang yang menderita rabun jauh atau miopi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang jauh tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek di titik dekatnya (pada jarak 25 cm). titik jauh mata orang yang menderita rabun jauh berada pada jarak tertentu (mata normal memiliki titik jauh tak berhingga).
Rabun jauh dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa divergen yang bersifat menyebarkan (memencarkan) sinar. Lensa divergen atau lensa cekung atau lensa negatif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.
miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif
miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif
Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami rabun jauh dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.
pers01pers02Di sini jarak s adalah jarak tak hingga (titik jauh mata normal), dan s’ adalah titik jauh mata (PR). Prinsip dasarnya adalah lensa negatif digunakan untuk memindahkan (memajukan) objek pada jarak tak hingga agar menjadi bayangan di titik jauh mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.
Rabun Dekat dan Cara Memperbaikinya
Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang terletak di titik dekatnya tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek yang jauh (tak hingga). Titik dekat mata orang yang menderita rabun dekat lebih jauh dari jarak baca normal (PP > 25 cm).
Cacat mata hipermetropi dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Lensa konvergen atau lensa cembung atau lensa positif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.
hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif
hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif
Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami hipermetropi dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.
pers011pers03Di sini jarak s adalah jarak titik dekat mata normal (25 cm), dan s’ adalah titik dekat mata (PP). Prinsip dasarnya adalah lensa positif digunakan untuk memindahkan (memundurkan) objek pada jarak baca normal menjadi bayangan di titik dekat mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.
Kaca Pembesar
Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas.
180px-magnifying_glass2Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi.
Lup dapat digunakan dengan mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata).
lup3-300x105Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah
pers09Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.
Menggunakan lup dalam keadaan mata berakomodasi maksimum membuat mata menjadi cepat lelah. Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f).
lup2-300x2041Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah
pers051Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.
Mikroskop
Perbesaran bayangan yang dihasilkan dengan menggunakan lup yang hanya menggunakan sebuah lensa cembung kurang maksimal dan terbatas. Untuk mendapatkan perbesaran yang lebih besar diperlukan susunan alat optik yang lebih baik. Perbesaran yang lebih besar dapat diperoleh dengan membuat susunan dua buah lensa cembung. Susunan alat optik ini dinamakan mikroskop yang dapat menghasilkan perbesaran sampai lebih dari 20 kali.
Sebuah mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung (lensa positif). lensa yang dekat dengan objek (benda) dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa yang dekat mata dinamakan lensa okuler. Jarak fokus lensa okuler lebih besar daripada jarak fokus lensa objektif.
mikroskop dan bagian-bagiannya
mikroskop dan bagian-bagiannya
pembentukan bayangan pada mikroskop
pembentukan bayangan pada mikroskop
Objek yang ingin diamati diletakkan di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang berada di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Bayangan ini bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Bayangan I1 akan menjadi benda bagi lensa okuler dan terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler akan berfungsi sebagai lup dan akan terbentuk bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek semula.
Perbesaran yang dihasilkan mikroskop adalah gabungan dari perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Perbesaran lensa objektif mikroskop adalah
pers062Dimana Pob adalah perbesaran lensa objektif, s’ob adalah jarak bayangan lensa objektif dan sob adalah jarak objek di depan lensa objektif.
Adapun perbesaran lensa okuler mikroskop sama dengan perbesaran lup, yaitu sebagai berikut.
pers072
untuk mata berakomodasi maksimum
pers08
untuk mata tidak berakomodasi
Dimana Pok adalah perbesaran lensa okuler, sn adalah jarak titik dekat mata (untuk mata normal sn = 25 cm), dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.
Perbesaran total mikroskop adalah hasil kali perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Jadi,
P = Pob × Pok
Hal-hal penting yang perlu diketahui berkaitan dengan mikroskop:
(1) jarak antara lensa objektif dan lensa okuler disebut juga panjang tabung (d). panjang tabung sama dengan penjumlahan jarak bayangan yang dibentuk lensa objektif (s’ob) dengan jarak benda (bayangan pertama) ke lensa okuler (sok).
d = s’ob + sok
(2) menggunakan mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum berarti letak bayangan akhir berada di titik dekat mata di depan lensa okuler. Jadi, dapat dituliskan
s’ok = −sn
(3) menggunakan mikroskop dengan mata tidak berakomodasi berarti jarak benda di depan lensa okuler (sok ) berada tepat di titik fokus lensa okuler (fok). Jadi, dapat dituliskan
sok = fok
Teropong Bintang
Bintang-bintang di langit yang letaknya sangat jauh tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata. Teropong atau teleskop dapat digunakan untuk melihat bintang atau objek yang letaknya sangat jauh.
Teropong terdiri atas dua lensa cembung, sebagaimana mikroskop. Pada teropong jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler (fob > fok). Teropong digunakan dengan mata tidak berakomodasi agar tidak cepat lelah karena teropong digunakan untuk mengamati bintang selama berjam-jam. Dengan mata tidak berakomodasi, bayangan lensa objektif harus terletak di titik fokus lensa okuler. Dengan demikian, panjang teropong (atau jarak antara kedua lensa) adalah
d = fob + fok
dimana fob adalah jarak fokus lensa objektif dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.
Adapun perbesaran P yang dihasilkan oleh teropong adalah
pers10
1. Lup
Sejarah Lup
Lup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanya. Benda yang akan diperbesar terletak di dalam titik fokus lup itu atau jarak benda ke lensa lup tersebut lebih kecil dibandingkan jarak titik fokus lup ke lensa lup tersebut. Bayangan yang dihasilkan bersifat tegak, nyata, dan diperbesar. Lup ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibnu Al-Haitham.
Bagian – Bagian Lup
Di Lup terdapat Lenscape , Kaca pembesar (lensa cembung) , dan tangkai pemegang
Fungsi Lup
Lup atau kaca pembesar merupakan alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung. Fungsi lup adalah memperbesar bayangan benda yang terletak di depannya.
Perbesaran Lup
A. Perbesaran Linier : M = s’/s
Ket : M = Perbesaran
s’ = Jarak bayangan
s = Jarak benda
B. Perbesaran Anguler : Ma = β/α
Ket : β = sudut lihat dengan alat
α = sudut lihat tanpa alat
B. Perbesaran Anguler
Jika mata berakomodasi maksimum
Ma = Sn/f + 1
Ket : Ma = Perbesaran dengan akomodasi
Sn = jarak terdekat mata normal (25cm)
f = fokus
Jika mata berakomodasi pada jarak x
Ma = Sn/f + Sn/x
Ket : Ma = Perbesaran dengan akomodasi
Sn = jarak terdekat mata normal (25cm)
f = fokus
x = Jarak yang ditentukan
Jika mata tidak berakomodasi
Ma = Sn/f
Ket : Sn = jarak terdekat mata normal (25cm)
f = fokus
2. Kamera
Sejarah kamera
Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk "ruang gelap", mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak jenis kamera potret. Kamera ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibnu Al-Haitham.
Jenis Kamera Berdasarkan Media Penangkapan Cahaya
Kamera film
Kamera Polaroid
Kamera Digital
Jenis kamera berdasarkan mekanisme kerja
Kamera SLR
Kamera Instan
Fungsi dan struktur kamera
Rana/Kecepatan
Rana adalah tirai yang bergerak turun naik di dalam kamera dan berfungsi untuk mengatur berapa lama film hendak disinari.
Lensa kamera
Diafragma
Diafragma adalah lubang dalam lensa kamera
tempat cahaya masuk saat melakukan
pemotretan.
Flash
Fungsi flash pada kamera adalah sebagai alat bantu pencahayaan apabila intensitas cahaya di sekitar kurang.
Macro
Fungsi dari fitur ini adalah merubah fungsi lensa yang stadar menjadi lensa macro agar kamera sapat menangkap objek yang kecil dengan jarak dekat.
Perbesaran
Hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan ditentukan dengan persamaan berikut.
1/f = 1/s - 1/s'
SIFAT BAYANGANNYA NYATA, TERBALIK, DIPERKECIL
Perbedaan Kamera dan mata
Perbedaan Kamera dan Mata
Tempat Bayangan kamera adalah Film sedangkan mata adalah Retina
Pengatur cahaya kamera adalah Diafragma sedangkan mata adalah Iris
Jarak benda pada kamera Berubah sesuai dengan jarak benda sedangkan pada mata Jarak Bayangan Tetap
Jarak Fokus pada kamera Tetap sedangkan pada mata Berubah Sesuai Dengan Jarak Benda
Persamaan kamera dan mata
Persamaan Mata dan Kamera
Keduanya Lensa Cembung
Sifat Bayangannya Nyata , Terbalik , Diperkecil
Mata
Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.
Bagian-bagian mata
Bagian-bagian mata
Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.
Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Karena bayangan benda harus selalu difokuskan tepat di retina, lensa mata selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata.
daya akomodasi mata
daya akomodasi mata
Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina.
Titik terdekat yang mampu dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik dekat mata (punctum proximum/PP). Pada saat melihat benda yang berada di titik dekatnya, mata dikatakan berakomodasi maksimum. Titik dekat mata disebut juga dengan jarak baca normal karena jarak yang lebih dekat dari jarak ini tidak nyaman digunakan untuk membaca dan mata akan terasa lelah. Jarak baca normal atau titik dekat mata adalah sekitar 25 cm.
Adapun, titik terjauh yang dapat dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik jauh mata (punctum remotum/PR). Pada saat melihat benda yang berada di titik jauhnya, mata berada dalam kondisi tidak berakomodasi. Jarak titik jauh mata normal adalah di titik tak hingga (~).
Rabun Jauh dan Cara Memperbaikinya
Orang yang menderita rabun jauh atau miopi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang jauh tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek di titik dekatnya (pada jarak 25 cm). titik jauh mata orang yang menderita rabun jauh berada pada jarak tertentu (mata normal memiliki titik jauh tak berhingga).
Rabun jauh dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa divergen yang bersifat menyebarkan (memencarkan) sinar. Lensa divergen atau lensa cekung atau lensa negatif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.
miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif
miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif
Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami rabun jauh dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.
pers01pers02Di sini jarak s adalah jarak tak hingga (titik jauh mata normal), dan s’ adalah titik jauh mata (PR). Prinsip dasarnya adalah lensa negatif digunakan untuk memindahkan (memajukan) objek pada jarak tak hingga agar menjadi bayangan di titik jauh mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.
Rabun Dekat dan Cara Memperbaikinya
Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang terletak di titik dekatnya tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek yang jauh (tak hingga). Titik dekat mata orang yang menderita rabun dekat lebih jauh dari jarak baca normal (PP > 25 cm).
Cacat mata hipermetropi dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Lensa konvergen atau lensa cembung atau lensa positif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.
hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif
hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif
Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami hipermetropi dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.
pers011pers03Di sini jarak s adalah jarak titik dekat mata normal (25 cm), dan s’ adalah titik dekat mata (PP). Prinsip dasarnya adalah lensa positif digunakan untuk memindahkan (memundurkan) objek pada jarak baca normal menjadi bayangan di titik dekat mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.
Kaca Pembesar
Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas.
180px-magnifying_glass2Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi.
Lup dapat digunakan dengan mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata).
lup3-300x105Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah
pers09Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.
Menggunakan lup dalam keadaan mata berakomodasi maksimum membuat mata menjadi cepat lelah. Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f).
lup2-300x2041Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah
pers051Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.
Mikroskop
Perbesaran bayangan yang dihasilkan dengan menggunakan lup yang hanya menggunakan sebuah lensa cembung kurang maksimal dan terbatas. Untuk mendapatkan perbesaran yang lebih besar diperlukan susunan alat optik yang lebih baik. Perbesaran yang lebih besar dapat diperoleh dengan membuat susunan dua buah lensa cembung. Susunan alat optik ini dinamakan mikroskop yang dapat menghasilkan perbesaran sampai lebih dari 20 kali.
Sebuah mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung (lensa positif). lensa yang dekat dengan objek (benda) dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa yang dekat mata dinamakan lensa okuler. Jarak fokus lensa okuler lebih besar daripada jarak fokus lensa objektif.
mikroskop dan bagian-bagiannya
mikroskop dan bagian-bagiannya
pembentukan bayangan pada mikroskop
pembentukan bayangan pada mikroskop
Objek yang ingin diamati diletakkan di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang berada di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Bayangan ini bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Bayangan I1 akan menjadi benda bagi lensa okuler dan terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler akan berfungsi sebagai lup dan akan terbentuk bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek semula.
Perbesaran yang dihasilkan mikroskop adalah gabungan dari perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Perbesaran lensa objektif mikroskop adalah
pers062Dimana Pob adalah perbesaran lensa objektif, s’ob adalah jarak bayangan lensa objektif dan sob adalah jarak objek di depan lensa objektif.
Adapun perbesaran lensa okuler mikroskop sama dengan perbesaran lup, yaitu sebagai berikut.
pers072
untuk mata berakomodasi maksimum
pers08
untuk mata tidak berakomodasi
Dimana Pok adalah perbesaran lensa okuler, sn adalah jarak titik dekat mata (untuk mata normal sn = 25 cm), dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.
Perbesaran total mikroskop adalah hasil kali perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Jadi,
P = Pob × Pok
Hal-hal penting yang perlu diketahui berkaitan dengan mikroskop:
(1) jarak antara lensa objektif dan lensa okuler disebut juga panjang tabung (d). panjang tabung sama dengan penjumlahan jarak bayangan yang dibentuk lensa objektif (s’ob) dengan jarak benda (bayangan pertama) ke lensa okuler (sok).
d = s’ob + sok
(2) menggunakan mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum berarti letak bayangan akhir berada di titik dekat mata di depan lensa okuler. Jadi, dapat dituliskan
s’ok = −sn
(3) menggunakan mikroskop dengan mata tidak berakomodasi berarti jarak benda di depan lensa okuler (sok ) berada tepat di titik fokus lensa okuler (fok). Jadi, dapat dituliskan
sok = fok
Teropong Bintang
Bintang-bintang di langit yang letaknya sangat jauh tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata. Teropong atau teleskop dapat digunakan untuk melihat bintang atau objek yang letaknya sangat jauh.
Teropong terdiri atas dua lensa cembung, sebagaimana mikroskop. Pada teropong jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler (fob > fok). Teropong digunakan dengan mata tidak berakomodasi agar tidak cepat lelah karena teropong digunakan untuk mengamati bintang selama berjam-jam. Dengan mata tidak berakomodasi, bayangan lensa objektif harus terletak di titik fokus lensa okuler. Dengan demikian, panjang teropong (atau jarak antara kedua lensa) adalah
d = fob + fok
dimana fob adalah jarak fokus lensa objektif dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.
Adapun perbesaran P yang dihasilkan oleh teropong adalah
pers10
1. Lup
Sejarah Lup
Lup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanya. Benda yang akan diperbesar terletak di dalam titik fokus lup itu atau jarak benda ke lensa lup tersebut lebih kecil dibandingkan jarak titik fokus lup ke lensa lup tersebut. Bayangan yang dihasilkan bersifat tegak, nyata, dan diperbesar. Lup ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibnu Al-Haitham.
Bagian – Bagian Lup
Di Lup terdapat Lenscape , Kaca pembesar (lensa cembung) , dan tangkai pemegang
Fungsi Lup
Lup atau kaca pembesar merupakan alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung. Fungsi lup adalah memperbesar bayangan benda yang terletak di depannya.
Perbesaran Lup
A. Perbesaran Linier : M = s’/s
Ket : M = Perbesaran
s’ = Jarak bayangan
s = Jarak benda
B. Perbesaran Anguler : Ma = β/α
Ket : β = sudut lihat dengan alat
α = sudut lihat tanpa alat
B. Perbesaran Anguler
Jika mata berakomodasi maksimum
Ma = Sn/f + 1
Ket : Ma = Perbesaran dengan akomodasi
Sn = jarak terdekat mata normal (25cm)
f = fokus
Jika mata berakomodasi pada jarak x
Ma = Sn/f + Sn/x
Ket : Ma = Perbesaran dengan akomodasi
Sn = jarak terdekat mata normal (25cm)
f = fokus
x = Jarak yang ditentukan
Jika mata tidak berakomodasi
Ma = Sn/f
Ket : Sn = jarak terdekat mata normal (25cm)
f = fokus
2. Kamera
Sejarah kamera
Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk "ruang gelap", mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak jenis kamera potret. Kamera ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibnu Al-Haitham.
Jenis Kamera Berdasarkan Media Penangkapan Cahaya
Kamera film
Kamera Polaroid
Kamera Digital
Jenis kamera berdasarkan mekanisme kerja
Kamera SLR
Kamera Instan
Fungsi dan struktur kamera
Rana/Kecepatan
Rana adalah tirai yang bergerak turun naik di dalam kamera dan berfungsi untuk mengatur berapa lama film hendak disinari.
Lensa kamera
Diafragma
Diafragma adalah lubang dalam lensa kamera
tempat cahaya masuk saat melakukan
pemotretan.
Flash
Fungsi flash pada kamera adalah sebagai alat bantu pencahayaan apabila intensitas cahaya di sekitar kurang.
Macro
Fungsi dari fitur ini adalah merubah fungsi lensa yang stadar menjadi lensa macro agar kamera sapat menangkap objek yang kecil dengan jarak dekat.
Perbesaran
Hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan ditentukan dengan persamaan berikut.
1/f = 1/s - 1/s'
SIFAT BAYANGANNYA NYATA, TERBALIK, DIPERKECIL
Perbedaan Kamera dan mata
Perbedaan Kamera dan Mata
Tempat Bayangan kamera adalah Film sedangkan mata adalah Retina
Pengatur cahaya kamera adalah Diafragma sedangkan mata adalah Iris
Jarak benda pada kamera Berubah sesuai dengan jarak benda sedangkan pada mata Jarak Bayangan Tetap
Jarak Fokus pada kamera Tetap sedangkan pada mata Berubah Sesuai Dengan Jarak Benda
Persamaan kamera dan mata
Persamaan Mata dan Kamera
Keduanya Lensa Cembung
Sifat Bayangannya Nyata , Terbalik , Diperkecil
Selasa, 29 Desember 2009
Posts by : Admin
ROKET AIR
A)Pendahuluan
Dalam tugas untuk menemukan sebuah pesawat sederhana dalam pelajaran yang saya dapat yaitu IPA (Fisika), kami dituntut untuk menemukan atau mengaplikasikan dari suatu kegiatan yaitu Study Tour, Membaca dari sebuah media dan sebagainya. Akhirnya saya mendapatkan ide untuk mengambil dengan di aplikasikan lagi dari Study Tour pada tahun 2007 pada saat saya duduk dikelas 6 SD di SD YPWKS V. pada saat study tour saya dengan rombongan dari SD saya pergi ke Taman Mini Indonesia Indah untuk study di sana, tepatnya di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan TEknologi dan Komunikasi. Sesampainya disana saya langsung di sambut oleh Roda Pesawat terkenal Di Dunia. Setalah itu kami bertemu dengan semua sekolah dari yayasan YPWKS. Kami disana sangat terpukau dengan karya IPTEK yang sedang atau yang akan di pakai di masa ini untuk mempermudah dalam kita bekerja. Tetapi disana saya sangat termenganga dengan kereta ekspress masa depan, benda luar angkasa yang pernah jatuh di bumi ini, dan terutama yaitu roket air. Pertama saya tidak percaya, masabotol bekas bisa terbang? Tapi itu semua dibantah di PPIPTEK ini. Karena benda sedikit pun, disini bisa diproses untuk menjadi benda yang sangat berguna tetapi menyenangkan. Beberapa bulan kemudian, saya di tunjuk untuk mewakili SD YPWKS V dalam lomba tingkat Sekolah Dasar di Cilegon. Mulai dari sinilah saya mendalami tentang roket dan mudah-mudahan saya dapat menciptakan lagi sebuah karya untuk di publikasikan seperti ini.
B)Definisi
Roket air adalah sebuah pesawat sederhana yang dapat kita buat hanya dengan modal kemauan dan keterampilan. Roket air dibuat untuk banyak proses ada yaitu; tekanan udara, untuk mengukur ketinggian dan kecepatan udara. Tetapi yang sangat di tonjolkan pada Hukum tekanan udara. Roket ini dibuat dengan botol bekas yang banyak di beli oleh masyarakat yaitu botol soft drink. Mengapa botol soft drink yang kita pakai? Karena botol soft drink memiliki bahan yang kuat terhadap tekanan udara. Hal itu dapat dibuktikan suatu prodak minnuman bersoda memiliki kandungan gas karbon dioksida yang apabila botol tersebut di Shake (kocok), botol terebut akan mengeras karena tekanan udara yang ingin keluar tidak bisa keluar dan menyebabkan udara tersebut menekan lapisan botol supaya udara tersebut keluar. Ini merupakan aplikasi dari tugas Fisika yaitu tentang tekanan udara, karena tekanan udara jika di aplikasikan seperti ini di mudahkan untuk memahami sebuah materi dan dapat juga belajar bermain.
C)Bahan dan alat yang digunakan dalam percobaan ini adalah sebagai berikut:
Bahan pembuatan roket:
Botol bekas (soft drink) : 3 buah
Pentil Motor : 1 buah
Fiberglass/toples bekas : 1 pasang
Mur untuk pentil : 1 buah
PiloX atau pewarna lainnya : bebas
Lem sifatnya sangat kuat : 1 buah
Air berwarna/tawar : 150 ml
Bahan pembuatan dudukan roket:
Pipa 1 meter dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
8 cm : 4 buah
11 cm : 1 buah
5 cm : 3 buah
6 cm : 1 buah
3 cm : 2 buah
Pipa berbentuk L : 10 buah
Pipa berbentuk T : 9 buah
Lem Pipa : 1 buah
Pengait pentil motor : 1 buah
Selang kecil putih : 1,5 meter
Alat:
Gergaji
Gunting
Pompa dengan pengukur tekanan
Penggaris
Pensil
D)Cara Pembuatan Roket Air
a)Langkah pertama dalam membuat proses roket air yaitu dengan membuat roketnya terlebih dahulu.
b)Pilihlah botol soft drink sesuai dengan kekuatan tekanan yang besar.
c)Berikutnya potonglah 1 botol tersebut dari pantat botol 1 cm.
d)Gabungkan botol yang telah dipotong dengan botol satunya lagi dengan erat dan lurus.
e)Ambilah botol yang terakhir dan potonglah sisi botol yang tidak ada lekukan. Untuk di gabungkan dengan botol yang tidak dipotong di sisi bawah sesudah leher botol.
f)Rekatkan sambungan semua itu dengan lem power glue atau sebagainya.
g)Keringkanlah dibawah pohon untuk diangin-anginkan.
h)Sambil menunnggu mengering, kita membuat lubang untuk memberikan tekan supaya meluncur ke atas.
i)Kita membutuhkan tutup botol. Lubangi tutup itu dengan gunting tepat ditengah botol.
j)Setelah itu coba masukan pentil motor ke lubang itu. Apabila tidak bisa, kita bolongi sedikit lagi supaya dapat masuk pentil tersebut.
k)Berikutnya, eratkan tutup botol tersebut dan pentil dengan mur dengan cara di kunci.
l)Jika sudah kita langsung membuat kedudukan untuk roket.
m)Kita pilih terlebih dahulu paralon yang bagus dan kuat untuk menjadikan kedudukan roket.
n)Potong pipa panjang dengan ukur seperti berikut;
UKURAN PIPA
JUMLAH PIPA YANG DI GUNAKAN
8 cm
4 buah
11 cm
1 buah
5 cm
3 buah
6 cm
1 buah
3 cm
2 buah
o)Lalu gabungkan semua potongan pipa tersebut dengan pipa L dan T, dengan peta skema berikut;
Keterangan:
p)Dan rakitlah dudukan diatas menjadi dudukan yang sempurna sesuia dengan symbol yang telah diberikan.
q)Lalu pasanglah roket diujung pipa untuk memulai meluncurkan roket tersebut.
r)Pertama isilah roket tersebut di sisi bawah dan letakkan dipengait yang berada di ujung pipa.
s)Pasanglah pentil yang berada di selang panjang ke pengait pompa.
t)Pompalah air yang berada didalam roket dengan tekanan udara 3,5 samapai 4.5.
u)Lepaskan pentil yang berada di pompa dan kemudian lepaskan pentil yang kedua di pengait yang ada di ujung pipa (hati-hati terhadap tekanan udara memuncratkan air ke sekitar peluncuran roket).
v)Dan roket pun meluncur dengan kekuatan kurang lebih 1 km perjam.
A)Pendahuluan
Dalam tugas untuk menemukan sebuah pesawat sederhana dalam pelajaran yang saya dapat yaitu IPA (Fisika), kami dituntut untuk menemukan atau mengaplikasikan dari suatu kegiatan yaitu Study Tour, Membaca dari sebuah media dan sebagainya. Akhirnya saya mendapatkan ide untuk mengambil dengan di aplikasikan lagi dari Study Tour pada tahun 2007 pada saat saya duduk dikelas 6 SD di SD YPWKS V. pada saat study tour saya dengan rombongan dari SD saya pergi ke Taman Mini Indonesia Indah untuk study di sana, tepatnya di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan TEknologi dan Komunikasi. Sesampainya disana saya langsung di sambut oleh Roda Pesawat terkenal Di Dunia. Setalah itu kami bertemu dengan semua sekolah dari yayasan YPWKS. Kami disana sangat terpukau dengan karya IPTEK yang sedang atau yang akan di pakai di masa ini untuk mempermudah dalam kita bekerja. Tetapi disana saya sangat termenganga dengan kereta ekspress masa depan, benda luar angkasa yang pernah jatuh di bumi ini, dan terutama yaitu roket air. Pertama saya tidak percaya, masabotol bekas bisa terbang? Tapi itu semua dibantah di PPIPTEK ini. Karena benda sedikit pun, disini bisa diproses untuk menjadi benda yang sangat berguna tetapi menyenangkan. Beberapa bulan kemudian, saya di tunjuk untuk mewakili SD YPWKS V dalam lomba tingkat Sekolah Dasar di Cilegon. Mulai dari sinilah saya mendalami tentang roket dan mudah-mudahan saya dapat menciptakan lagi sebuah karya untuk di publikasikan seperti ini.
B)Definisi
Roket air adalah sebuah pesawat sederhana yang dapat kita buat hanya dengan modal kemauan dan keterampilan. Roket air dibuat untuk banyak proses ada yaitu; tekanan udara, untuk mengukur ketinggian dan kecepatan udara. Tetapi yang sangat di tonjolkan pada Hukum tekanan udara. Roket ini dibuat dengan botol bekas yang banyak di beli oleh masyarakat yaitu botol soft drink. Mengapa botol soft drink yang kita pakai? Karena botol soft drink memiliki bahan yang kuat terhadap tekanan udara. Hal itu dapat dibuktikan suatu prodak minnuman bersoda memiliki kandungan gas karbon dioksida yang apabila botol tersebut di Shake (kocok), botol terebut akan mengeras karena tekanan udara yang ingin keluar tidak bisa keluar dan menyebabkan udara tersebut menekan lapisan botol supaya udara tersebut keluar. Ini merupakan aplikasi dari tugas Fisika yaitu tentang tekanan udara, karena tekanan udara jika di aplikasikan seperti ini di mudahkan untuk memahami sebuah materi dan dapat juga belajar bermain.
C)Bahan dan alat yang digunakan dalam percobaan ini adalah sebagai berikut:
Bahan pembuatan roket:
Botol bekas (soft drink) : 3 buah
Pentil Motor : 1 buah
Fiberglass/toples bekas : 1 pasang
Mur untuk pentil : 1 buah
PiloX atau pewarna lainnya : bebas
Lem sifatnya sangat kuat : 1 buah
Air berwarna/tawar : 150 ml
Bahan pembuatan dudukan roket:
Pipa 1 meter dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
8 cm : 4 buah
11 cm : 1 buah
5 cm : 3 buah
6 cm : 1 buah
3 cm : 2 buah
Pipa berbentuk L : 10 buah
Pipa berbentuk T : 9 buah
Lem Pipa : 1 buah
Pengait pentil motor : 1 buah
Selang kecil putih : 1,5 meter
Alat:
Gergaji
Gunting
Pompa dengan pengukur tekanan
Penggaris
Pensil
D)Cara Pembuatan Roket Air
a)Langkah pertama dalam membuat proses roket air yaitu dengan membuat roketnya terlebih dahulu.
b)Pilihlah botol soft drink sesuai dengan kekuatan tekanan yang besar.
c)Berikutnya potonglah 1 botol tersebut dari pantat botol 1 cm.
d)Gabungkan botol yang telah dipotong dengan botol satunya lagi dengan erat dan lurus.
e)Ambilah botol yang terakhir dan potonglah sisi botol yang tidak ada lekukan. Untuk di gabungkan dengan botol yang tidak dipotong di sisi bawah sesudah leher botol.
f)Rekatkan sambungan semua itu dengan lem power glue atau sebagainya.
g)Keringkanlah dibawah pohon untuk diangin-anginkan.
h)Sambil menunnggu mengering, kita membuat lubang untuk memberikan tekan supaya meluncur ke atas.
i)Kita membutuhkan tutup botol. Lubangi tutup itu dengan gunting tepat ditengah botol.
j)Setelah itu coba masukan pentil motor ke lubang itu. Apabila tidak bisa, kita bolongi sedikit lagi supaya dapat masuk pentil tersebut.
k)Berikutnya, eratkan tutup botol tersebut dan pentil dengan mur dengan cara di kunci.
l)Jika sudah kita langsung membuat kedudukan untuk roket.
m)Kita pilih terlebih dahulu paralon yang bagus dan kuat untuk menjadikan kedudukan roket.
n)Potong pipa panjang dengan ukur seperti berikut;
UKURAN PIPA
JUMLAH PIPA YANG DI GUNAKAN
8 cm
4 buah
11 cm
1 buah
5 cm
3 buah
6 cm
1 buah
3 cm
2 buah
o)Lalu gabungkan semua potongan pipa tersebut dengan pipa L dan T, dengan peta skema berikut;
Keterangan:
p)Dan rakitlah dudukan diatas menjadi dudukan yang sempurna sesuia dengan symbol yang telah diberikan.
q)Lalu pasanglah roket diujung pipa untuk memulai meluncurkan roket tersebut.
r)Pertama isilah roket tersebut di sisi bawah dan letakkan dipengait yang berada di ujung pipa.
s)Pasanglah pentil yang berada di selang panjang ke pengait pompa.
t)Pompalah air yang berada didalam roket dengan tekanan udara 3,5 samapai 4.5.
u)Lepaskan pentil yang berada di pompa dan kemudian lepaskan pentil yang kedua di pengait yang ada di ujung pipa (hati-hati terhadap tekanan udara memuncratkan air ke sekitar peluncuran roket).
v)Dan roket pun meluncur dengan kekuatan kurang lebih 1 km perjam.
Senin, 21 Desember 2009
Posts by : Admin
Mengetahui apakah itu mantan kamu?
Bagaimana caranya mengetahui apakah dia yang menyakiti saya?
Gini caranya:
1. Apakah kamu mempunyai teman yang dekat dengan mu atau dia?
2. Kalau ya, kamu hanya tinggal memancing dia untuk berkata jujur.
3. dengan cara kamu menanyakan gimana kabarnya, apakah dia masih dekat dengan mantanmu dsb.
4. kalau dia itu perempuan kamu bisa menjebak si cowok edan itu dengan cara menjadi cowok pelarian si temenmu itu.
5. terus temenmu itu harus bisa mancing mancing si dia untuk berkata jujur. jika sudah dapat kata kuncinya. temen mu bisa menceritakan semua kepadamu.
6. kalau cara itu tidak berhasil, kamu harus memiliki 2 kartu perdana.
7. yang pertama untuk telpon atau sms teman maupun keluarga, yang kedua itu bisa kamu kerjain dia dengan cara kamu sedang mencari teman kencan untuk sms an.
8. terus kamu cerita gimana sih pacar dulunya dia. suruh dia sebutin kekurangan dari si ceweknya dia.
9. kalau sudah terpancing. kamu tinggal ngomong apa aja yg udah dia lakukan untuk si cewek yg pernah dia sakitin.
okeh mudah2 an itu yang dapat saya bantu untuk mu apabila kurang di mengerti mohon di beri komentar di bawah. kalau tidak sekalian bergabung dengan fb saya di
Gini caranya:
1. Apakah kamu mempunyai teman yang dekat dengan mu atau dia?
2. Kalau ya, kamu hanya tinggal memancing dia untuk berkata jujur.
3. dengan cara kamu menanyakan gimana kabarnya, apakah dia masih dekat dengan mantanmu dsb.
4. kalau dia itu perempuan kamu bisa menjebak si cowok edan itu dengan cara menjadi cowok pelarian si temenmu itu.
5. terus temenmu itu harus bisa mancing mancing si dia untuk berkata jujur. jika sudah dapat kata kuncinya. temen mu bisa menceritakan semua kepadamu.
6. kalau cara itu tidak berhasil, kamu harus memiliki 2 kartu perdana.
7. yang pertama untuk telpon atau sms teman maupun keluarga, yang kedua itu bisa kamu kerjain dia dengan cara kamu sedang mencari teman kencan untuk sms an.
8. terus kamu cerita gimana sih pacar dulunya dia. suruh dia sebutin kekurangan dari si ceweknya dia.
9. kalau sudah terpancing. kamu tinggal ngomong apa aja yg udah dia lakukan untuk si cewek yg pernah dia sakitin.
okeh mudah2 an itu yang dapat saya bantu untuk mu apabila kurang di mengerti mohon di beri komentar di bawah. kalau tidak sekalian bergabung dengan fb saya di
Sabtu, 10 Oktober 2009
Posts by : Admin
PIDATO UNTUK CALON KETUA ROHIS SMP N 2 CILEGON
MISI
SAYA AKAN MENJADIKAN ROHIS SMP N 2 CILEGON
I NTELEKTUAL
S ANTUN
L INGAT
A GAMIS
M AGRIFAT
P
E BINA
M
B LINGUAL
I
M UFAKAT
B
I JAK
N ASIONALIS
G EMILANG
VISI
1. MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG CINTA AGAMA
2. MEWUJUDKAN SISWA SMP N 2 CILEGON YANG SANTUN
3. MEWUJUDKAN PENDIDIKAN DENGAN SISTEM AGAMAIS
4. MEWUJUDKAN SISWA TAAT PERAURAN SEKOLAH
5. MEWUJUDKAN SISWA DENGAN PRILAKU YANG BERBUDAYA
6. MEWUJUDKAN PENDIDIKAN AGAMA YANG LEIH KOMPLEKS (MENYELURUH)
7. DALAM 3 TAHUN PENGAJARAN, SISWA MAMPU MENGHATAMKAN QURAN
8. MENGADAKAN PENGAJIAN RUTIN 1 BULAN 2 KALI
9. CEPAT DALAM PENGAMBILAN SUMBANGAN UNTUK KORBAN YANG MEMBUTUHKAN
10. JIKA DAHULU TIDAK ADA ZAKAT FITRAH. TAHUN DEPAN SAYA AKAN MNGADAKANNYA
11. MELAKSANAKAN QURBAN DENGAN DANA SUMBANGAN DARI SISWA SMP N 2 CILEGON
12. PADA SAAT DHUHA. SAYA MENGHIMBAU UNTUK SEMUA SISWA SMPN 2 CILEGON MELAKSANAKANNYA
13. PADA SAAT SHOLAT DZUHUR DATANG, GERBANG DI TUTUP UNTUK PARA SISWA SHOLAT TERLEBIH DAHULU SEBELUM PULANG AGAR TIDAK ADA BEBAN LAGI KETIKA PULANG
14. PADA SAAT SHOLAT JUMAT PUN GERBANG SEKOLAH DI TUTUP UNUTK PARA SISWA DILARANG PULANG SEBELUM MELAKSANAKAN SHOLAT JUMAT TERLEBIH DAHULU.
14. TETEPI UNTUK PARA SISWI YANG TIDAK ADA KEGIATAN DISEKOLAH ATAU ADA KEGIATAN KEPUTRIAN DIPERSILAHKAN PULANG NTUK BETEMU DENGAN KELUARGA.
15 JIKA ADA SISWA YANG MELAKUKAN SESUATU KEGIATAN YANG KURANG BAIK, SAYA ATAU TIM ROHIS AKAN BERTINDAK DENGAN CARA MEMPRINGATKANNYA
16. JIKA ADA SISWA YANG MELIHAT ADA TEMAN ATAU SISWA LAINNYA MELAKUKAN SESUATU YANG TIDAK BAIK. ANDA BISA MENGATAKAN KEPADA KAMI JIKA TIDAK BERANI ATAU TAKUT MENGATAKANNYA KEPADA GURU YANG BERSANGKUTAN
ITU SAJA YANG BISA SAYA SAMPAIKAN UNTUK TUJUAN YANG AKAN DATANG SAYANG TIDAK BISA MENGATAKANNYA, ANDA BISA MELIHAT SAYA DALAM BERTINDAK UNUTK SEKOLAH INI MENJADI SEKOLAH ISLAM YANG MODERN.
SAYA AKAN MENJADIKAN ROHIS SMP N 2 CILEGON
I NTELEKTUAL
S ANTUN
L INGAT
A GAMIS
M AGRIFAT
P
E BINA
M
B LINGUAL
I
M UFAKAT
B
I JAK
N ASIONALIS
G EMILANG
VISI
1. MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG CINTA AGAMA
2. MEWUJUDKAN SISWA SMP N 2 CILEGON YANG SANTUN
3. MEWUJUDKAN PENDIDIKAN DENGAN SISTEM AGAMAIS
4. MEWUJUDKAN SISWA TAAT PERAURAN SEKOLAH
5. MEWUJUDKAN SISWA DENGAN PRILAKU YANG BERBUDAYA
6. MEWUJUDKAN PENDIDIKAN AGAMA YANG LEIH KOMPLEKS (MENYELURUH)
7. DALAM 3 TAHUN PENGAJARAN, SISWA MAMPU MENGHATAMKAN QURAN
8. MENGADAKAN PENGAJIAN RUTIN 1 BULAN 2 KALI
9. CEPAT DALAM PENGAMBILAN SUMBANGAN UNTUK KORBAN YANG MEMBUTUHKAN
10. JIKA DAHULU TIDAK ADA ZAKAT FITRAH. TAHUN DEPAN SAYA AKAN MNGADAKANNYA
11. MELAKSANAKAN QURBAN DENGAN DANA SUMBANGAN DARI SISWA SMP N 2 CILEGON
12. PADA SAAT DHUHA. SAYA MENGHIMBAU UNTUK SEMUA SISWA SMPN 2 CILEGON MELAKSANAKANNYA
13. PADA SAAT SHOLAT DZUHUR DATANG, GERBANG DI TUTUP UNTUK PARA SISWA SHOLAT TERLEBIH DAHULU SEBELUM PULANG AGAR TIDAK ADA BEBAN LAGI KETIKA PULANG
14. PADA SAAT SHOLAT JUMAT PUN GERBANG SEKOLAH DI TUTUP UNUTK PARA SISWA DILARANG PULANG SEBELUM MELAKSANAKAN SHOLAT JUMAT TERLEBIH DAHULU.
14. TETEPI UNTUK PARA SISWI YANG TIDAK ADA KEGIATAN DISEKOLAH ATAU ADA KEGIATAN KEPUTRIAN DIPERSILAHKAN PULANG NTUK BETEMU DENGAN KELUARGA.
15 JIKA ADA SISWA YANG MELAKUKAN SESUATU KEGIATAN YANG KURANG BAIK, SAYA ATAU TIM ROHIS AKAN BERTINDAK DENGAN CARA MEMPRINGATKANNYA
16. JIKA ADA SISWA YANG MELIHAT ADA TEMAN ATAU SISWA LAINNYA MELAKUKAN SESUATU YANG TIDAK BAIK. ANDA BISA MENGATAKAN KEPADA KAMI JIKA TIDAK BERANI ATAU TAKUT MENGATAKANNYA KEPADA GURU YANG BERSANGKUTAN
ITU SAJA YANG BISA SAYA SAMPAIKAN UNTUK TUJUAN YANG AKAN DATANG SAYANG TIDAK BISA MENGATAKANNYA, ANDA BISA MELIHAT SAYA DALAM BERTINDAK UNUTK SEKOLAH INI MENJADI SEKOLAH ISLAM YANG MODERN.
Rabu, 23 September 2009
Posts by : Admin
Langganan:
Postingan (Atom)